Peringatan 25 Tahun KHA di Semarang

25thnKHA

Memperingati 25 Tahun KHA, sejak diadopsinya oleh Majelis Umum PBB tanggal 20 November 1989, berbagai organisasi masyarakat sipil di Indonesia mempersiapkan diri untuk menggelar berbagai kegiatan bersama anak-anak, sebagai subyek utama dari KHA. Salah satunya adalah yang akan diselenggarakan di Semarang, tanggal 22-23 November 2014. Acara akan melibatkan anak-anak dari berbagai daerah seperti; Solo, Klaten, Yogyakarta, Rembang, Bali dan Semarang sendiri.

“Beberapa tahun terakhir, secara rutin kami selalu membuat kegiatan bersama anak-anak di akhir tahun untuk menggelar ekpresi dan pandangan anak-anak melalui beragam karya, dan mendiskusikan persoalan-persoalan anak, menggagas upaya pemecahannya, dan menjadikan sebagai rencana aksi untuk tahun berikutnya, termasuk kebutuhan advokasi. Pada tahun ini, bertepatan pula dengan 25 tahun diratifikasinya KHA, sehingga tema difokuskan untuk memperingatinya” tutur salah seorang pengurus Yayasan Setara, Hening Budiyawati.

Guliran gagasan peringatan 25 Tahun KHA, mendapat respon positif. Tercatat ICCO-KIA, Terre des Hommes Netherlands, UNICEF, Plan Indonesia Program Unit Rembang, Indonesia Against Child Trafficking, memberikan dukungan dengan melibatkan partner mereka untuk mengikuti acara yang diberi tema: My Voice fo A better World (Suaraku Untuk Dunia yang Lebih Baik).

Acara ini akan mempertemuan beberapa kelompok anak lintas isu, kelompok survivor, anak yang berkonlfik dengan hukum atau mantan AKH, pelajar,  anak pedesaan, pekerja anak, anak jalanan, dan forum anak kota.

“Dukungan juga diberikan oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Direncanakan Gubernur akan turut menghadiri acara ini,” jelas Yuli “BDN” Sulistyanto, Koordinator Panitia.

Bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan meliputi; workshop musik, workshop gambar, Workshop teater, karnaval, penyusunan deklarasi anak, dan dialog dengan Gubernur Jawa Tengah.  Hasil-hasil karya anak akan mengisi ruang-ruang pameran di pusat kegiatan.

Informasi lebih lanjut tentang acara ini dapat menghubungi Yayasan Setara, Sampangan baru Blok A 14, Semarang, email: yase@indo.net.id, atau menghubungi panitia: Yuli Sulistyanto (0878-32255019), Ika (0858-76179406) dan Nana (0819-01019026 / 0857-40848962)

(Odi Shalahuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *