Semarang Kembangkan Sekolah Ramah Anak (Kedaulatan Rakyat, 2013)

Kedaulatan Rakyat, 10 Juni 2013

SEMARANG (KRjogja.com)- Koordinator Yayasan Setara Semarang Hening Budiyawati di Semarang mengatakan, Yayasan Setara Semarang ikut mengembangkan sekolah ramah anak. Di antaranya dengan memberikan materi dan pemahaman kepada para guru, selain kepada orangtua mengenai cara yang benar menghadapi anak. Pemberian materi dan pemahaman mengenai cara yang benar menghadapi anak tersebut diharapkan dapat menekan kasus kekerasan terhadap anak.

Menurut Hening, berdasarkan hasil konsultasi dengan sejumlah guru, mereka banyak yang mengaku masih melakukan kekerasan terhadap anak, meskipun tidak separah lima tahun lalu. Kekerasan yang biasa dilakukan di antaranya guru memukul, menjewer, menendang, meminta siswa berdiri di depan ruang kelas, dan membentak.

Para guru mengakui tingkat kekerasan terhadap anak terutama fisik masih ada, dan mereka menghendaki mendapatkan materi cara yang benar menghadapi anak. “Bulan Februari lalu kami sudah bertemu dengan pihak orangtua, sementara pada akhir Juni atau awal Juli tahun ini, Setara akan mengelar ‘one day workshop’ untuk para guru sekolah dasar,” katanya sembari menandaskan guru Sekolah Dasar di Kota Semarang yang akan mendapatkan materi pada tahap awal ini 10 SD yang berada di daerah rawan terjadinya kekerasan seperti di Kelurahan Kuningan Kecamatan Semarang Utara. (Bdi/Cha)

Sumber: Di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *