Suara Anak Gunung Sari

Kampung Gunung Sari merupakan salah satu kampung di Semarang yang terletak di wilayah Kota, namun keberadaannya tidak terlalu dieprhatikan. Kampung yang berada di Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari ini adalah tempat relokasi untuk orang-orang jalanan yang dulunya tinggal di daerah Ampera (semacam lokasi untuk tinggal orang jalanan).
Tidak jauh-jauh dari pusat kota, hanya 25 menit.Namun, tidak jauh dari kehidupan jalanan, Kampung Gunung Sari masih menjadi tempat yang akar kehidupannya sudah lekat dengan miras, narkotika dan premanisme. Jika kamu berkunjung ke Kampung Gunung Sari, maka jangan heran jika menjumpai orang-orang sedang berpesta miras dan berjudi secara terang-terangan.

Yayasan Setara melakukan pendekatan untuk menyuarakan pemberantasan miras, narkotika dan premanisme di lingkungan tersebut. Tidak terkecuali kekerasan anak yang sudah pasti menjadi hal biasa di Kampung Gunung Sari. Walau pada kenyataan di lapangan, beberapa hal yang Yayasan Setara lakukan terbentur oleh hal-hal yang tidak sepaham. Misal, kebiasaan yang sudah sangat mengakar ini sangat sulit dihilangkan sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulihaknnya kembali. Namun, Yayasan Setara secara kontinu memberikan edukasi dan melakukan pendekatan kepada masyarakat Kampung Gunung Sari.
Seiring berjalannya waktu, Kampung Gunung Sari perlahan pulih. Angka kekerasan anak dan hal negatif lainnya berkurang. Yayasan Setara melakukan kegiatan Kelompok Anak bersama anak-anak Kampung Gunung Sari. Kelompok anak ini bertujuan untuk memberikan edukasi, pemahaman dan membentengi anak-anak kampung Gunung Sari. Hal tersebut disampaikan melalui kegiatan dan permainan yang menyenangkan.

Sama seperti anak-anak pada umumnya, walau anak-anak Kampung Gunung Sari terpapar hal negatif dari lingkungan sekitar, namun mereka tidak pernah berhenti untuk bercita-cita dan mengobarkan semangat belajar. Seperti Kanaya (12 tahun) yang menuliskan ‘suara’nya di selembar kertas ketika kegiatan kelompok anak.

“AKU INGIN GUNUNG SARI ADA PERPUSTAKAAN KELILING, BIAR ANAK GUNUNG SARI YANG TIDAK BISA SEKOLAH, BISA MEMBACA.”

Gunung Sari hanya satu diantara sekian banyak kampung di wilayah Kota Semarang yang suaranya jarang didengar. Mereka sama seperti anak-anak lainnya, punya mimpi yang besar dan harapan-harapan sederhana yang membuat bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *