Jumlah kasus inveksi virus corona di Indonesia kian meningkat, ribuan kematian karena covid 19 meninggalkan juga anak anak yang harus kehilangan ayah, Ibu, Kedua Orang tua atau pengasuhnya, berdasarkan data di Provinsi Jawa Tengah anak yang terpaksa menjadi yatim, piatu, dan patim piatu karena covid sebanyak 7000 anak (data dari detiknews 17 Agustus 2021).

Melihat situasi di atas, anak anak yang menjadi korban maupun terdampak virus covid-19 juga harus mendapatkan perlindungan khusus dari Negara.

Oleh karena itu, sangat perlu dikuatkan layanan-layanan perlindungan di kabupaten/kota supaya Perlindungan anak dimasa pandemic covid ini bisa maksimal. Terutama perlunya memiliki kapasitas Assesmen awal dan assessment lanjutan.

Dalam hal asessment awal untuk merespon atau memberi dukungan awal yang dilakukan oleh OPD, terdapat beberapa langkah, diantaranya:

  1. Koordinasi lintas sector untuk pemeberian dukungan awal
  2. Monitor anak dan pengasuhan, kita datang berkunjung. Monitor berapa bulan sekali direncanakan.
  3. Dukungan untuk pengasuh dan anak
  4. Fasilitas pengasuhan sementara
  5. Identifikasi resiko atau kebutuhan.
avatar-testimonial-courses

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam accumsan est at tincidunt luctus. Duis nisl dui, accumsan eu hendrerit sit amet, rutrum efficitur lacus.

Amy Adams
Creative Student

Over 12,000
5 Star Ratings

5-stars-white

Rated 5/5 by 12,000 Students

Leave A Comment

Related Posts