Program Kami

Beberapa Program yang sedang berjalan

PLAN Internasional

Plan International telah bekerja di Indonesia sejak 1969 dan resmi menjadi Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) pada tahun 2017. Plan Internasional bekerja untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak dan kesetaraan bagi anak perempuan.

Yayasan Setara merupakan salah satu mitra Plan Internasional pada tahun 2021 dengan melaksanakan Program BREADY (Building Resilient adaptive and disaster ready communities).

BREADY: Program B-Ready merupakan program kerjasama Yayasan Setara bersama PLAN internasional Indonesia, dengan tujuan untuk membangun ketangguhan masyarakat yang adaptif dan siaga bencana (Building Resilient adaptive and disaster ready communities / B-Ready). Project ini akan banyak melibatkan masyarakat dalam hal ini keluarga untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana dan memahami analisa resiko keuangan, di lima kelurahan di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang.

UNICEF

UNICEF bersama Pemerintah Indonesia, organisasi setempat salah satunya Yayasan Setara Semarang, pihak swasta dan masyarakat memiliki tujuan untuk memenuhi hak-hak dasar anak Indonesia.

Mengusung program dengan fokus utama mendukung bantuan teknis, penguatan kapasitas, advokasi, formulasi kebijakan dan promosi isu-isu anak di Indonesia untuk menuntaskan jutaan permasalahannya.

Pada tahun 2021 ini, UNICEF bersama Yayasan Setara sedang menjalan beberapa program diantaranya Program SAFE4C (Safe and Friendly Environment for Children), PKSAI (Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif), ROOTS (Program Pencegahan Perundungan), dan Disiplin Positif.

SAFE4C: Program SAFE4C (Safe and Friendly Environment for Children) bertujuan untuk membangun lingkungan yang aman dan ramah bagi anak di 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Program ini dilaksanakan oleh Yayasan Setara bekerjasama dengan Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah didukung oleh UNICEF (website: safe4c.id)

PKSAI: PKSAI merupakan pusat dan wadah koordinasi serta pelembagaan kolaborasi antar lembaga-lembaga yang terlibat dalam penyelenggaran kesejahteraan anak. Sasaran utama dari pembuatan PKSAI yaitu anak yang dinilai rentan mengalami masalah kesejahteraan sosial; dan keluarga/pengasuh yang mempunyai peran penting dalam karena kesejahteraan anak. (website: https://pksaijateng.id/)

ROOTS: Roots Indonesia adalah model intervensi berdasarkan bukti ilmiah dan partisipasi anak, yang telah dikembangkan melalui loka karya bersama pemerintah, universitas, pemuda, dan kelompok masyarakat.

DISIPLIN POSITIF: Dikembangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), dengan dukungan UNICEF dan Yayasan Nusantara Sejati, Disiplin Positif melatih pendidik tentang bagaimana mengajarkan disiplin kepada murid tanpa menggunakan unsur kekerasan baik itu sik maupun verbal. Kekerasan dalam disiplin nyatanya tidak efektif dan bisa menimbulkan efek jangka panjang pada anak-anak.