130329-31_bersama ortu semarang

Bertempat di Hotel Nugraha Wisata, Bandungan, Yayasan Setara menyelenggarakan workshop “Membangun dan Mengembangkan Keluarga Ramah Anak” yang diikuti oleh 21 orang peserta yang mewakili orangtua dari anak-anak di beberapa perkampungan di Semarang.

Acara yang berlangsung pada tanggal 29-31 Maret 2013, difasilitasi oleh Odi Shalahuddin, Hening Budiyawati, dan dibantu oleh Agus Rika Muninggar dan Yuli Sulistyanto.

Workshop Ortu_Workshop ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Yayasan Setara yang tengah melakukan kampanye anti kekerasan terhadap anak. Program yang didukung oleh ICCO-KIA, dipusatkan di 10 Sekolah Dasar dan kampung-kampung di sekitarnya.

Pendekatan yang digunakan oleh Yayasan Setara adalah memperkuat kapasitas pimpinan dan guru untuk membangun sekolah ramah anak, membangun kesadaran dan penguatan para orangtua  dalam pengasuhan anak non-kekerasan, dan juga memfasilitasi kegiatan kelompok anak-anak untuk memperkuat kapasitas mereka serta membangun sikap toleransi kepada sesama.

Pada akhir bulan Januari yang lalu, telah dilakukan workshop dengan melibatkan pimpinan dan guru dari 10 sekolah.

“Respon mereka sangat positif dan berkomitmen untuk merintis sekolah yang ramah anak,” demikian dijelaskan oleh Tsaniatus Solikhah.

Workshop Ortu_Diskusi kelompokMengenai peran orangtua, ini tentu penting bagi pengasuhan dan pendidikan anak. Sejauh ini telah terbentuk lima (5) Forum Orangtua, yakni di wilayah Kuningan, Tambak Lorok, Gunung Brintik, Ndelik dan Tandang.

“Peserta diharapkan dapat berperan aktif menjadi penggerak di masing-masing komunitasnya, dan memberikan kontribusi bagi perubahan kehidupan anak yang lebih baik,” tambah Solikhah.

Pada workshop ini, para peserta diajak bersama-sama untuk mengidentifikasi situasi dan masalah anak, sharing pengalaman penanganan berbagai kasus anak, pengenalan mengenai hak anak dan peraturan perundangan yang terkait, serta menyusun rencana aksi di setiap komunitas dan rencana bersama. (Odish)