SUARA MERDEKA, 29 Mei 1997, Halaman III

SEMARANG – Pusat Studi Wanita (PSW) Undip bekerja sama dengan Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran, akan menyelenggarakan seminar Penanganan Anak Jalanan di Kodya Semarang. Acara berlangsung 2 Juni mendatang, mulai pukul 09.00 di Ruang Sidang A Lemlit Undip Jl. Imam Bardjo SH 5.

Ketua Panitia Kartini Sekartadji mengatakan, acara akan mengetengahkan pembicara Romo J Pujomanto dari Yayasan Sandjojo, dan budayawan Drs Darmanto Jatman SU.

Menurut dia, fenomena anak jalanan mendorong pihaknya untuk membahas dalam bentuk seminar bersama pemerhati dan pejabat instansi terkait. “Selanjutnya, baru kami melakukan tindakan nyata demi kelangsungan hidup dan masa depan mereka.”

Karena itu, yang diundang juga terbatas, antara lain dari unsur Pemda, LSM, perguruan tinggi, pusat studi dan penelitian, Sat Bimmas Poltabes dan Kanwil Depsos.

Forum itu bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi anak jalanan dan pembinaan yang telah dilakukan, baik oleh Pemerintah maupun LSM. Dari informasi tersebut, diharapkan muncul beberapa sumbangan pemikiran untuk penanganan lebih lanjut.

Dikatakannya, anak jalanan adalah mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan, baik untuk bekerja maupun berbagai kegiatan lain.

Mereka terpaksa tinggal di jalanan, karena dicampakkan atau tercampakkan dari keluarga yang tidak mampu menanggung beban hidup akibat kemiskinan dan kehancuran keluarga. (D18-13w).