Tarik Ulur Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran daring di era pandemic mulai dilaksanakan pada akhir bulan Maret hingga saat ini. Siswa-siswa dan guru dipaksa untuk melakukan pembelajaran tanpa bertatap muka secara langsung. Untuk menghadapi kegiatan pembelajaran di era baru, pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencoba melakukan uji coba pendidikan secara tatap muka dibeberapa sekolah di Jawa Tengah. Ada tujuh sekolah yang menjadi simulasi pendidikan secara offline yaitu SMAN 1 Parakan, SMKN 1 Temanggung, SMAN 2 Wonosobo, SMAN 2 Kota Tegal, SMKN 2 Kota Tegal, dan SMA Pius Kota Tegal.

Simulasi pendidikan secara tatap muka langsung tidak berlangsung lama. Kenyataan di lapangan, bahwa setelah dibuka beberapa sekolah untuk menjadi simulasi pembelaaran di era pandemic, hasilnya justru meningkatkan angka penularan covid. Pemerintah Prov Jawa Tengah dengan sigap langsung mengehentikan kegiatan simulasi pembelajaran tersebut.

“Di Jawa Tengah ada beberapa sekolah yang buka tetapi akhirnya ditutup lagi dan dipantau lagi protokolnya”, Ujar Padmaningrum, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Meningkatnya angka penderita covid-19, membuat siswa-siswi dan para guru untuk tetap terus melanjutkan pembelajaran secara daring. Banyak yang merasa kecewa, karena beberapa dari mereka harus berjuang mencari sinyal operator yang apik agar proses pembelajaran daring berlangsung secara baik. Disisi lain, masih banyak juga siswa-siswi yang tidak mendapatkan materi atau tugas dari guru karena keterbatasan fasilitas pembelajaran seperti tidak mempunyai telepon selular atau laptop. Hal ini membuat para guru harus bisa membuat inovasi terkait kendala-kendala yang dihadapi agar pembelajaran tetap bisa sampai.

Dalam masa pandemic, para orangtua juga mendapatkan dampak adanya anak-anak yang terpaksa belajar di rumah. Karena hal tersebut, pendidikan keluarga juga menjadi hal yang utama. Melihat pendidikan saat ini dilakukan jarak jauh dan hanyak keluarga yang bisa memantau anak selama belajar dirumah

– RS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *